Seminar Apakah Anak Saya Hiperaktif?

//Seminar Apakah Anak Saya Hiperaktif?

Seminar Apakah Anak Saya Hiperaktif?

Apakah Anak Saya Hiperaktif? Demikianlah tema seminar yang digelar pada 9 Juli lalu oleh Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM bekerjasama dengan Forum Komunikasi Psikolog Puskesmas Sleman (FKPPS) Yogyakarta di Fakultas Psikologi UGM. Seminar yang dihadiri oleh 172 peserta ini mengupas tuntas tentang seluruh permasalahan anak hiperaktif dan menjawab rasa ingin tahu masyarakat, khususnya orangtua dan pendidik, mengenai ciri-ciri hingga penanganan anak hiperaktif. Seminar ini menghadirkan 3 orang pembicara yang ahli dalam bidangnya masing-masing dan berpengalaman dalam menghadapi anak hiperaktif. Ketiga pembicara tersebut adalah Dr. MG. Adiyanti, MS (dosen Fakultas Psikologi UGM), Elga Adriana, S.Psi., M.Ed (Kepala Sekolah SD Tumbuh), dan dr. Ratih, Sp.A.

Acara dimulai pada pukul 09:00 WIB dan dibuka dengan sambutan dari Kepala CPMH Fakultas Psikologi UGM, Dr. Rahmat Hidayat, M.Sc. Dalam sambutannya, Dr. Rahmat Hidayat mengatakan bahwa tujuan dari dilaksanakannya seminar “Apakah Anak saya Hiperaktif” adalah untuk memberikan informasi yang benar pada masyarakat mengenai gangguan ini. Masih menurut Dr. Rahmat Hidayat, selama ini masyarakat cenderung memiliki pemahaman yang salah tentang hiperaktivitas pada anak. Karena itu, seminar ini penting untuk memberikan informasi yang benar agar penanganan yang dilakukan terhadap anak hiperaktif juga dapat dilakukan secara benar. Selain itu, seminar “Apakah Anak Saya Hiperaktif?” juga menjadi ajang untuk memperkenalkan CPMH Fakultas Psikologi UGM kepada khalayak luas serta mensosialisasikan peran psikolog puskesmas pada masyarakat.

Setelah acara pembuka, seminar yang dimoderatori oleh Desy Nora Ekawati, M.Psi., Psi pun dimulai. Dr. MG. Adiyanti, MS berkolaborasi dengan mahasiswa bimbingannya menjadi pembicara pertama dalam seminar ini. Dalam keterangan-keterangannya, Dr. MG. Adiyanti menjelaskan bahwa hiperaktifitas hanyalah salah satu bentuk dari ADHD. Tidak semua anak ADHD adalah hiperaktif. ADHD dapat berbentuk hiperaktif, gangguan perhatian (attention deficit), atau kombinasi dari keduanya. Tidak ada prevalensi yang pasti mengenai penderita ADHD, akan tetapi diperkirakan penderita ADHD mencapai 4-6% pada anak usia sekolah. Lebih lanjutnya, Dr. MG. Adiyanti, MS menjelaskan tentang berbagai simtom anak hiperaktif dan bagaimana penanganannya dari sudut pandang psikologi.

Usai pembicara pertama, seminar dilanjutkan dengan pembicara yang kedua yang disampaikan oleh dr. Ratih Dewanti, Sp.A. Dr. Ratih memaparkan masalah hiperaktifitas anak ditinjau dari segi medis. Dalam paparannya, dr. Ratih, Sp.A menyampaikan bahwa ADHD disebabkan oleh genentik, pola asuh yang buruk, masalah keluarga, luka pada otak, atau faktor lingkungan seperti rokok dan alcohol saat kehamilan. Selain itu, dr. Ratih juga menyampaikan bahwa anak yang mengalami hiperaktifitas tidak selalu harus ditangani dengan obat-obatan. Beberapa terapi non farmakologi dapat ditempuh seperti perencanaan program pengembangan fungsi sosial.

Persoalan dan penanganan anak hiperaktif dalam konteks pendidikan disampaikan oleh Elga Adriana, S.Psi., M.Ed, Kepala Sekolah SD Tumbuh Yogyakarta. Sebagaimana yang disampaikan oleh Elga Adriana, S.Psi., M.Ed, ada tiga hal yang harus dijalankan dalam mendampingi siswa hiperaktif. Ketiga cara tersebut adalah melalui manajemen perilaku, akomodasi kelas, dan rencana pembelajaran individu. Dengan menjalankan ketiga hal ini pada anak hiperaktif, diharapkan dapat membantu mereka dalam belajar dan mengembangkan dirinya.

By |2011-07-12T07:26:41+00:00July 12th, 2011|Berita CPMH|3 Comments

About the Author:

3 Comments

  1. dinar July 18, 2011 at 7:54 am

    saya dari kids fun yogyakarta berminat ingin menyelenggarakan sebuah seminar mengenai kedekatan orang tua yang berdampak positif terhadap tumbuh kembang anak. dapat kah kami bekerjasama dengan CPMH untuk pembicara nya. mohon konfirmasi nya.
    terima kasih

    • adiyanti September 4, 2011 at 3:36 am

      Apakah CPMH sudah menjawab? Jika belum, silahkan hubungi ke Fak PSikologi UGM 550435 lalu minta di hubungkan ke cpmh. Sepengetahuan saya pada dasrnya bisa (adiyanti)

  2. CPMH September 12, 2011 at 7:11 am

    Terimakasih atas tanggapannya. Mohon maaf karena comment ini lama tidak dibalas. Kami tertarik untuk menyelenggarakan kerjasama dengan Kids Fun Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya, mungkin Kids Fun bisa berkomunikasi dengan CPMH via email cpmh_ugm@yahoo.com atau cpmh.ugm@gmail.com. Terimakasih.

Comments are closed.